PRODUKSI DAN JENIS-JENIS PASAR
Produksi
Definisi
Produksi adalah kegiatan perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa dari bahan-bahan atau sumber-sumber faktor produksi dengan tujuan untuk dijual lagi. Pengertian produksi tersebut memberikan arti lebih jauh lagi mengenai peranan manajer produksi. Tanggung jawab produksi sangat berkaitan erat dan secara langsung memberikan dampak yang besar bagi perusahaan. Oleh karena itu tanggung jawab manaer adalah memutuskan keputusan-keputusan penting untuk mengubah sumber-sumber ekonomi menjadi hasil yang dapat dijual.
Fungsi Produksi
Fungsi produksi adalah suatu fungsi yang menunjukkan hubungan antara berbagai kombinasi input yang digunakan untuk menghasilkan output.
Q = f (X1, X2, X3, . . . , Xn)
Keterangan:
Q = Tingkat produksi/Output
X1, X2, X3, . . . , Xn = Kombinasi input yang digunakan
atau
Q = f (C, L, R, T)
Keterangan:
Q = Keluaran/Output
C = Modal/Capital
L = Tenaga kerja/Labour
R = Sumber daya alam/Natural Resources
T = Teknologi/Technology
Asumsi dasar untuk menjelaskan fungsi produksi ini adalah berlakunya "The Law of Deminishing Returns" yang menyatakan bahwa "Apabila suatu input ditambahkan dan input-input lain tetap, maka tambahan output dari setiap tambahan satu unit input yang ditambahkan mula-mula menaik, tapi pada suatu tingkat tertentu akan menurun jika input tersebut terus ditambahkan. Jadi dalam hukum ini ada 3 tingkat produksi:
-Tahap I : Produksi terus bertambah dengan cepat
-Tahap II : Pertambahan produksi total semakin lama semakin kecil
-Tahap III : Pertambahan produksi total semakin berkurang
Marginal Physical Product (MPP) adalah tambahan output yang dihasilkan sebagai akibat dari penambahan 1 unit input.
Keterangan:
Marginal Physical product disebut juga dengan The Law of Deminishing Marginal Physical Product. Kurva Total Physical Product (TPP) adalah kurva yang menunjukkan tingkat produksi total pada berbagai tingkat penggunaan input variabel. Kurva Marginal Physical product adalah kurva yang menunjukkan tambahan dari total physical product yang disebabkan oleh penggunaan tambahan 1 unit input variabel.
Kurva Average Physical Product (APP) adalah kurva yang menunjukkan hasil rata-rata per-unit input variabel pada berbagai tingkat penggunaan input tersebut.
Jenis-Jenis Pasar
Pasar Persaingan Sempurna
Definisi
Suatu pasar dikatakan sebagai pasar persaingan sempurna jika penjual dan pembeli sangat banyak, sehingga harga tidak dapat ditentukan oleh seseorang melainkan oleh kekuatan penawaran dan permintaan, produsen menjual produk yang homogen dan mobilitas sumber daya sempurna. Contohnya adalah pasar tradisional.
Ciri-ciri
- Produk yang homogen
- Penjual dan pembeli memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual
- Penjual bebas keluar-masuk pasar
- Penjual menerima harga yang ditentukan pasar (pricde-taker)
- Pengeluaran produsen relatif kecil
Kelebihan
- Pada pasar persaingan sempurna tidak tampak kegiatan saling menyaingi antar penjual
- Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar karena harga pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen
- Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga
- Tidak mungkin mengubah bentuk barang untuk merebut pasar karena adanya homogenitas barang
- Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apapun karena jumlah saingan sangat tidak terbatas
- Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun.
Kekurangan
- Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai, sebab:
a) homogenitas barang sulit dilaksanakan sebab konsumen lebih sering datang ke pasar yang heterogen (
b) harga tidak dapat ditawar-tawar lagi
- Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan informasi menyebabkan kemajuan dalam kualitas dan kuantitas serta jenis yang memaksa adanya persaingan produk antar produsen
- Keuntungan maksimum yang diperoleh pedagang sudah dapat diprediksi sejak awal karena harga tidak dapat dipengaruhi pedagang
- Pasar gelap (black market) dapat muncuk sewaktu-waktu
Pasar Persaingan Monopolistik
Definisi
Pasar yang terletk diantara dua bentuk pasar, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli.
Kelebihan
- Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempurna
- Memacu kreatifitas produsen
- Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai selama ini
Kekurangan
- Biaya mahal untuk ke pasar monopolistik
- Persaingan sangat berat
Pasar Oligopoli
Definisi
Suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindah sebagai pemilik pasar terbesar (price leader). Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, dimana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menauhkan konsumen dari pesaing mereka.
Di Indonesia pasar oligopoli dapat dengan mudah kita jumpai, misalnya pada pasar semen, pasar layanan operator selular, pasar otomotif, serta pasar yang bergerak dalam industri berat.
Ciri-ciri
- Terdapat beberapa penjual
- Barang yang dijual homogen atau beda corak
- Sulit dimasuki perusahaan baru
- Membutuhkan peran iklan
- Terdapat satu market leader (pemimpin pasar)
- Harga jual tidak mudah berubah
Macam-macam Pasar Oligopoli
- Oligopoli murni : menjual barang yang homogen. Biasanya banyak dijumpai dalam industri yang menghasilkan bahan mentah. Contoh : Pasar semen, Pasar Cat.
- Oligopoli diferensial : menjual barang berbeda corak. Barang seperti itu umumnya adalah barang akhir. Contoh : Pasar Mobil, Pasar Sepeda.
Kelebihan
- Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
- Mampu melakukan penelitian dan pengenbangan produk
- Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual
- Adanya penerapan teknologi baru
Kekurangan
- Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
- Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
- Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
- Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
- Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
- Bisa berkembang ke arah monopoli
Karakteristik
- Sejumlah besar perusahaan-perusahaan dominan, dengan beberapa yang kecil lainnya
- Suatu produk yang distandarisasikan maupun dibedakan
- Kekuatan dari perusahaan-perusahaan dominan terhadap harga, namun ketakutan dan pembalasan.
- Hambatan-hambatan secara teknilogi dan ekonomi untuk menjadi suatu perusahaan yang dominan
- Penggunaan persaingan non harga yang ekstensif akibat ketakutan akan perang harga
Pasar Monopoli
Definisi
Pasar yang terdaat satu penjual(monopolis) yang menguasai perdagangan barang atau jasa, produsen menetapkan sendiri harga yang diinginkan atau bertindak sebagai penentu harga.
Sebagai penentu harga, seorang monopolis dapat menaikkan atau mengurangi harga dengan cara mneentukan jumlah barang yang akan diproduksi, semakin sedikit brang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga, bila harga terlalu mahal maka pembeli akan menunda pembelian atau berusaha/membuat barang substitusi dari produk tersebut.
Di Indonesia, salah satu contoh perusahaan yang dapat kita temui adalah, PT. PLN.
Terdapat 3 macam monopoli yang tidak dilarang;
- Monopoli by Law
Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
- Monopoli by Nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
- Monopoli by Lisence
Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.
Ciri-ciri
- Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
- Tidak ada barang substitusi atau pengganti yang mirip
- Produsen memiliki kekuatan menentukan harga
- Tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan beberapa keunggulan perusahaan
Kelebihan
- Keuntungan penjual cukup tinggi
- Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang, biasanya diatur pemerintah. Ini menguntungkan pembeli karena penjual tidak dapat menentukan harga dengan semaunya.
Kekurangan
- Ketidakadilan, karena monopolis akan memperoleh keuntungan di atas keuntungan normal
- Volume produksi ditentukan oleh monopolis
- Terjaid eksploitasi oleh monopolis terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi
Karakteristik
- Hanya terdapat produsen/perusahaan tunggal, sehingga produk tidak memiliki substitusi
- Ada hambatan bagi perusahaan baru untuk masuk pasar tersebut
- Perusahaan berperan sebagai penentu harga produk di pasar (price-maker)
Pasar Duopoli
Pasar dimana barang dikuasai oleh dua perusahaan.
Pasar Monopsoni
Pasar yang hanya terdapat satu pembeli sedangkan penjualnya banyak, sehingga pembeli bisa menentukan harga.
Pasar Oligopsoni
Pasar yang terdapat beberapa pembeli, masing-masing pembeli memiliki peran yang cukup besar untuk memengaruhi harga barang dan jasa.
Sumber:
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100125055750AAgOrXg
http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=109994
http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_persaingan_sempurna
http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_monopoli
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_ekonomi/Bab_3.pdf
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_bisnis/Bab_6.pdf
http://www.google.co.id (dengan kata kunci macam-macam pasar, produksi, dll)
Pasar Monopoli
Definisi
Pasar yang terdaat satu penjual(monopolis) yang menguasai perdagangan barang atau jasa, produsen menetapkan sendiri harga yang diinginkan atau bertindak sebagai penentu harga.
Sebagai penentu harga, seorang monopolis dapat menaikkan atau mengurangi harga dengan cara mneentukan jumlah barang yang akan diproduksi, semakin sedikit brang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga, bila harga terlalu mahal maka pembeli akan menunda pembelian atau berusaha/membuat barang substitusi dari produk tersebut.
Di Indonesia, salah satu contoh perusahaan yang dapat kita temui adalah, PT. PLN.
Terdapat 3 macam monopoli yang tidak dilarang;
- Monopoli by Law
Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
- Monopoli by Nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
- Monopoli by Lisence
Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.
Ciri-ciri
- Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
- Tidak ada barang substitusi atau pengganti yang mirip
- Produsen memiliki kekuatan menentukan harga
- Tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan beberapa keunggulan perusahaan
Kelebihan
- Keuntungan penjual cukup tinggi
- Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang, biasanya diatur pemerintah. Ini menguntungkan pembeli karena penjual tidak dapat menentukan harga dengan semaunya.
Kekurangan
- Ketidakadilan, karena monopolis akan memperoleh keuntungan di atas keuntungan normal
- Volume produksi ditentukan oleh monopolis
- Terjaid eksploitasi oleh monopolis terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi
Karakteristik
- Hanya terdapat produsen/perusahaan tunggal, sehingga produk tidak memiliki substitusi
- Ada hambatan bagi perusahaan baru untuk masuk pasar tersebut
- Perusahaan berperan sebagai penentu harga produk di pasar (price-maker)
Pasar Duopoli
Pasar dimana barang dikuasai oleh dua perusahaan.
Pasar Monopsoni
Pasar yang hanya terdapat satu pembeli sedangkan penjualnya banyak, sehingga pembeli bisa menentukan harga.
Pasar Oligopsoni
Pasar yang terdapat beberapa pembeli, masing-masing pembeli memiliki peran yang cukup besar untuk memengaruhi harga barang dan jasa.
Sumber:
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100125055750AAgOrXg
http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=109994
http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_persaingan_sempurna
http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_monopoli
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_ekonomi/Bab_3.pdf
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_bisnis/Bab_6.pdf
http://www.google.co.id (dengan kata kunci macam-macam pasar, produksi, dll)
4 comments:
duopoli baru denger
e masa nama guru sma ku mirip" gini, makanya inget bgt dah sama tu guru, guru sma
masa? itu kan pelajaran SMA . .
hee? kenapa jadi ngomongin guru SMA lo . ..
hahaha rabu insya Allah cerita dah
eh aku bingung masa entri blog ku memanjang, kl kamu kan lebar. kl memanjang keliatan jd panjang bgt liat aja itu punya ku
diatur atuh lebarnya, kan bisa di desain template :O
Post a Comment